Minggu, 30 Oktober 2011

penginstalan windows

windowsTips Komputer kali ini tidak disarankan untuk pengguna PC atau laptop pribadi, maksudnya cara install windows dibawah ini sebaiknya tidak digunakan untuk komputer yang digunakan sendiri, karena seringkali banyak hasil file yang dimasukkan corrupt.

Teknik dibawah biasanya digunakan untuk menghemat waktu bagi penjual komputer, biasanya adalah komputer second rakitan, nah lo, sudah second hasil rakitan lagi, biasanya komputer ginian memang hasil dari mengumpulkan komponen-komponen komputer rusak yang masih bisa bekerja, kemudian digabungkan dan jadilah komputer lain yang bisa berfungsi.
Harganya bisa murah tentu saja dan karena murah maka penjualnya akan malas melakukan install windows secara biasa, maunya cepat dan bisa bekerja. Cara install windows cepat ini sering disebut dengan ghost-ghost-an karena memang biasanya menggunakan Norton Ghost dari symantec. Intinya kita melakukan kloning pada partisi hardisk dimana sistem operasi diinstall di sebuah komputer. kalau ada komputer baru, hasil kloningnya ini yang dicopy ke hardisknya. Jadi bukan instalasi windows standar.
OK mari kita mulai cara install windows cepat.
Dengan melakukan kloning terhadap harddisk, kita tidak perlu melalui proses instalasi yang panjang. Kita hanya perlu menyalin dari hasil kloning (dari instalasi komputer lain) dan PC pun bersistem operasi lagi. Supaya hasil kloning berupa sistem operasi yang masih segar, lakukan kloning sesaat setelah Anda selesai meng-install sistem operasi dan berbagai driver. Program-program lain sebaiknya belum di-install. Jika ingin istalasinya lebih umum, maka driver tidak perlu diinstall dulu, agar bisa cocok untuk semua jenis perangkat dan merk komputer, drivernya diinstal manual saja.
Inti dari kloning harddisk adalah menyalin isi seluruh harddisk ke media lain, bisa ke harddisk lain, CD, DVD, atau harddisk eksternal. Dengan melakukan kloning, Anda akan mendapatkan isi CD-R sama persis dengan isi harddisk.
Kita butuh beberapa parangkat untuk melakukan kloning. Pertama adalah software untuk kloning. Salah satu yang bisa digunakan adalah Norton Ghost dari Symantec. Kita juga butuh CD-writer, CD start-up, dan 2 disket floppy 1, 44 MB.
Simpan ke CD
Karena kita akan melakukan kloning terhadap sistem operasi, drive yang berisi sistem operasi yang akan dikloning, biasanya drive C. Namun, bisa saja sistem operasi ada di drive lain, misalnya karena ada lebih dari satu sistem operasi dalam PC.
Kali ini, Gudang Informasi akan melakukan kloning terhadap drive C yang berisi sistem operasi Windows dengan ukuran partisi sebesar 400 MB.
  1. Jalankan Norton Ghost
  2. Anda akan menjumpai tampilan Ghost Basic. Pilih opsi pertama, yaitu Backup.
  3. Klik Next.
  4. Dalam opsi Source pilih pilih drive C. Dalam opsi Destination pilih Recordable CD or DVD Setelah itu, klik Next > OK.
  5. Tekan tombol Next, teruskan klik Next sampai muncul Continue, klik Continue, lalu klik Run Now, dan terakhir klik OK.
Windows akan restart dan Norton Ghost pun melakukan back-up. Kini Anda memiliki 1 CD yang merupakan image dari drive C Anda. Isi dari CD tersebut hanyalah 1 file yang berekstensi GHO. Anda tidak dapat melihat isi dari file tersebut tanpa bantuan Ghost Explorer. Dengan bantuan Ghost explorer, Anda dapat melihat file yang ada di dalam file GHO tersebut.
OK sekian dulu tutorialnya, nanti kita lanjutkan pada postingan berikutnya Cara Cepat Install Ulang Windows bagian 2, yang akan melanjutkan bagaimana membuat Start Up Disk, dan bagaimana kita melakukan installasi windows cepat pada komputer menggunakan CD kloning tadi.
cara install windows

Incoming search terms for the post:

instal windows cepat, cara cepat install windows, install windows cepat, instal ulang windows, cara cloning windows 7, cloning windows 7, install windows dengan cepat, cara kloning windows 7, cara cloning windows dengan norton ghost, cara menginstal ulang komputer, cara instal ulang windows drive c, cara cepat instal ulang, cloning harddisk menggunakan norton ghost, cara mnginstall computer rakitan, menghapus write protected, cara cepat install ulang, proses ghost dalam menginstal komputer, cara instal file GHO, cara cepat install windows 7, cara install windows menggunakan norton ghost, menginstall windows dengan cepat
 
windowsMelanjutkan posting kemarin berjudul Cara Cepat Install Ulang Windows bagian 1, kali ini akan membahas lebih lanjut pada penerapan dari CD yang berisi kloning dari partisi Hard Disk berisi instalasi windows yang masih segar.
OK langsung saja deh kita mulai tips komputer kali ini ke bagian langkah-langkahnya
Membuat Start-up Disk
Kita butuh disket start-up agar hasil image berupa file GHO bisa dipakai ketika kita hendak “meng-install ulang” sistem operasi. Start-up disk itu berupa dua disket floppy 1,44 MB. Disket pertama kita sebut “disket A”, sedangkan disket kedua kita sebut dengan “disket B”.
Jalankan Norton Ghost dan klik Ghost Utilities > Norton Ghost boot wizard > CD/DVD startup disk with ghost > Next > Use PC-DOS > Next > Next > Next > Next > OK. Masukkan disket kosong untuk dijadikan CD/DVD start-up. Tekan Start untuk melakukan format disket, setelah itu tekan Close.
Selanjutnya disket akan dijadikan start-up disk. Ketika konfirmasi untuk memasukkan disket kedua muncul, keluarkan disket A dan masukkan disket B. Tekan Start untuk melakukan format dan tekan Close. Tunggu sampai proses selesai, lalu tekan Finish untuk mengakhiri.
Kini Anda telah memiliki 2 disket startup disk. Disket ini yang akan digunakan untuk booting pertama kali. Perlu diperhatikan bahwa kedua disket itu saling berhubungan satu sama lain. Disket A tidak dapat berjalan tanpa adanya disket B, begitu juga sebaliknya. Disket B tidak dapat berjalan tanpa adanya disket A.
Cara Melakukan Instalasi
Sesungguhnya kita tidak meng-install sistem operasi. Tetapi, hanya menyalin sistem operasi yang pernah kita install sebelumnya. Yang akan kita lakukan adalah kloning dari CD ke harddisk.
Pada BIOS, aturlah agar boot dilakukan dari disket floppy. Masukkan disket A pada floppy drive. Ikuti petunjuk yang ada pada monitor, jika Anda disuruh memasukkan disket B, maka masukkan disket B. Anda diminta untuk memasukkan disket A kembali dan tekan Enter, dan yang terakhir Anda diminta kembali untuk memasukkan disket B.
Kini Anda telah memasuki Norton Ghost.
Untuk melakukan kloning dari CD ke harddisk, pilih Local > Partition > from image. Arahkan pada CD-ROM yang berisi file GHO, lalu tekan Open. Pada “Select source partition from image file”, klik OK. Lalu pada “Select local destination drive by clicking on the drive number”, klik OK. Pilih drive yang akan dikloning, pilih drive C, tekan OK dan tekan Yes.
Kloning akan berjalan sampai mencapai 100 persen. Tekan Reset computer untuk restart. Keluarkan disket dari floppy drive dan aturlah pada BIOS Anda agar melakukan booting pertama dari hard disk.
Nah bagaimana? berhasil kan? dan proses instalasinya menjadi cepat, cocok untuk Anda yang jualan komputer "kanibalan"…

Incoming search terms for the post:

YOUTUBE INSTAL WINDOWS CEPAT, Cara Membuat Harddisk Ghost, ghost boot wizard, kloning cepat windows 7, free software supaya data di komputer tidak bisa di copy, youtube/tutorial cara install ulang windows7, instal ulang windows 7 dengan ghost, cara instal windows ghost mode, download ulang ulang point blank, download program ulang nokia e75, instal windows 7 gho, instal windows 7dengan ghost, INSTALL ulang nokia e75, Installing mivo tv, kartu ucapan ulang point blank, langkah-langkah menginstal OS windows posisi harddisk masih kosong, tutorial ghost windows 7 youtube, tutorial install pb di window 7, tutorial norton ghost versi dos cd rom boot, YOU TUBE CLONING LENGKAP SAMPAI SELESAI, cloning norton ghost boot wizard download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar